penyebab kesemutan

Anda pernah merasakan kesemutan? Yah kondisi memang bisa terjadi kapan saja, misalnya setelah duduk bersila dalam waktu lama. Yuk kenali lebih dalam apa penyebab kesemutan?

Kesemutan dalam dunia kesehatan disebut parestesia, merupakan sensasi geli atau mati rasa yang dibarengi dengan perasaan seperti tertusuk jarum.

Hal ini bisa terjadi karena ketika saraf secara tidak sengaja mendapatkan tekanan sehingga aliran darah pada saraf tidak lancar. Kesemutan bisa berlangsung sementara atau berkepanjangan yang dikenal dengan istilah parestesia kronis.

Kesemutan disebabkan oleh gangguan kesehatan atau penyakit tertentu. Berikut ini beberapa penyebab kesemutan sementara dan kronis yang perlu Anda ketahui

Penyebab kesemutan sementara

Kesemutan ini bisa terjadi pada lengan, kaki dan anggota tubuh lain yang mengalami tekanan dalam waktu lama. Hal ini membuat pasokan darah ke saraf di daerah itu menjadi terhambat.

Baca juga: Gejala dan Penyebab Diabetes Melitus

Kondisi ini bisa sembuh sendiri ketika Anda membebaskan area yang kesemutan dari tekanan, seperti meluruskan kaki setelah duduk bersila, melepaskan tangan yang tertintih sehabis tidur.

Penyebab lain adalah penyakit Raynaud. Penyakit ini memengaruhi pasokan daah ke area tertentu, seperti jari-jari tangan dan kaki. Penyakit ini umumnya menyerang penderita ketika sedang stres, gelisah atau berada di ruangan bersuhu dingin.

Penyebab kesemutan berkepanjangan

Kesemutan yang berlangsung berkepanjangan biasanya terjadi karena adanya gangguan kesehatan Anda, misalnya akibat menderita penyakit diabetes, gangguan ginjal, penyakit hati, stroke, tumor otak, kanker, ketidakseimbangan hormon dan multiple sclerosis.

Selain itu juga pengaruh obat-obatan yang Anda konsumsi juga bisa memicu kesemutan, misalnya obat-obatan kemoterapi yang digunakan untuk mengatasi kanker payudara dan limfoma, obat anti kejang, antibiotik dan obat untuk penyakit HIV/AIDS.

Baca juga: Mitos Seputar Kanker Payudara

Terpapar zat beracun juga bisa menimbulkan kesemutan. Zat-zat beracun terkait, misalnya merkuri, talium, timbal, arsenik, dan beberapa bahan kimia industrial lainnya.

Faktor lain yang menyebabkan kesemutan berkepanjangan adalah malnutrisi akibat pola makan yang buruk, kekurangan vitamin B12, serta akibat mengonsumsi minuman beralkohol secara berlebihan

Konsultasikan segera kepada dokter bila Anda merasakan kesemutan berkepanjangan agar mengetahui pasti penyebabnya. Sehingga bisa diberikan penanganan yang tepat.

Pencegahan kesemutan

Umumnya kesemutan bisa dicegah atau diminimalisir dengan menerapkan gaya hidup yang lebih sehat, misalnya saja:

  • Rutin berolahraga
  • Menghindari terpapar racun
  • Hindari mengonsumsi minuman beralkohol
  • Berhenti merokok
  • Pola makan yang sehat
  • Menjaga berat badan ideal
  • Mengobati dan mengontrol penyakit kronis bila ada, seperti diabetes dan penyakit ginjal

Leave a comment