manuver epley untuk atasi vertigo

Manuver Epley adalah prosedur sederhana yang dapat membantu dalam mengatasi gejala benign paroxysmal positional vertigo (BPPV). Manuver ini pertama kali dikenalkan oleh Dr.John Epley yang mana dapat diterapkan oleh tenaga medis ahli maupun secara mandiri di rumah.

Gerakan atau manuver Epley sering menjadi terapi yang efektif untuk sebagian besar penderita BPPV, terutama pada kasus ketika pergerakan kepala yang dapat memicu vertigo.

Kenapa manuver Epley diperlukan?

BPPV atau yang lebih dikenal dengan nama vertigo, adalah kondisi dimana penderita merasakan pusing yang hebat, sekeliling serasa berputar, mual dan muntah.

Baca juga: 5 Pemeriksaan Kesehatan Wajib Bagi Pria

Sensasi berputar ini disebabkan oleh masalah di telinga dalam. Di telinga dalam, terdapat saluran yang disebut kanal semisirkularis. Kanal ini berperan mendeteksi gerakan dan mengirim informasinya pada otak.

Selain kanal semisirkularis, ada pula utricle yang mengandung kristal kalsium. Bagian ini juga membantu kita untuk mendeteksi gerakan.

Kadangkala, kristal kalsium tersebut dapat lepas dari utricle dan jatuh ke kanal semisirkularis. Akibatnya, kanal ini akan mengirimkan informasi terkait gerakan dan posisi yang salah ke otak.

Sinyal yang keliru itulah yang menimbulkan gejala berupa pusing berputar alias vertigo pada pasien.

Manuver Epley melibatkan serangkaian gerakan yang dapat melepas kristal tersebut dari kanal semisirkularis dan mengembalikannya ke utricle.

Seberapa sering manuver Epley dilakukan?

Dokter akan menjelaskan frekuensi manuver Epley yang diperlukan oleh pasien. Dokter mungkin akan menyarakan pasien untuk melakukannya sebanyak tiga kali sehari hingga gejala vertigo hilang selama 24 jam.

Apa saja persiapan untuk menjalani manuver Epley?

Sebelum melakukan manuver Epley, pasien perlu menginformasikan pada dokter mengenai kondisi medis yang dimiliki. Kenapa?

Pasalnya, prosedur ini tidak dianjurkan bagi penderita cedera leher, cedera tulang belakang, dan ablasi retina (lepasnya retina dari lapisan belakang mata).

Baca juga: Cara Ampuh Atasi Telinga Kemasukan Air

Sedangkan untuk pasien yang mengalami vertigo berat, dokter akan memberi obat-obatan guna mengurangi mual atau kecemasan sebelum prosedur.

Bagaimana manuver Epley dilakukan?

Manuver Epley dapat dilakukan oleh tenaga medis atau secara mandiri di rumah. Namun pasien harus mempelajarinya terlebih dulu dari dokter atau tenaga medis profesional. Setelah itu, pasien baru boleh mengulanginya di rumah.

Secara umum, manuver Epley dilaksanakan dengan tahap-tahap sebagai berikut:

  1. Pasien akan diminta untuk duduk pada tepi meja pemeriksaan.
  2. Miringkan kepala pasien hingga 450 ke sisi yang terasa lebih pusing (kiri atau kanan).
  3. Pasien akan diminta untuk berbaring dengan cepat di ranjang dengan kepala masih dalam posisi miring 450 tersebut. Tunggu 30 detik hingga 2 menit sampai pusing pasien mereda.
  4. Dokter akan mengarahkan kepala pasien 900 ke sisi yang berlawanan, dan menahan posisi ini selama 30 detik hingga 2 menit sampai pusing mereda.
  5. Dokter lalu meminta pasien untuk memutar tubuh mengikuti posisi kepalanya, dan menahan posisi ini hingga pusing mereda.
  6. Pasien kemudian diminta untuk kembali duduk.
Apa saja yang perlu diperhatikan setelah manuver Epley?

Manuver Epley biasanya dapat meringankan gejala vertigo dengan cepat. Dalam beberapa kasus, pasien mungkin perlu menjalaninya beberapa kali agar hasilnya optimal.

Baca juga: Penyebab Kepala Pusing Setelah Bangun Tidur

Setelah prosedur selesai, pasien perlu memperhatikan hal-hal berikut:

  • Menghindari posisi membungkuk setidaknya selama sehari
  • Tidak tidur dengan posisi miring pada sisi tubuh yang dapat memicu pusing berputar
  • Menggunakan dua buah bantal agar posisi kepala lebih tinggi dan posisi leher tidak lurus saat tidur
Apa saja komplikasi manuver Epley?

Selama menjalani manuver Epley, pasien dapat mengalami:

  • Gejala pusing berputar yang intens
  • Mual
  • Muntah (jarang terjadi)

Sumber: sehatq.com

Leave a comment