tips menjemur bayi pagi hari

Rutinitas berjemur di pagi hari dibawah sinar matahari masih banyak dilakukan oleh masyarakat, khususnya di Indonesia. Tidak hanya orang dewasa, lansia tetapi juga dilakukan oleh orang tua yang memiliki bayi baru lahir.

Ada segudang manfaat berjemur di bawah sinar matahari pagi hari bila dilakukan dengan benar dan tepat. Yuk simak manfaat berjemur bagi bayi dan cara berjemur yang benar sehingga tidak membahaya bagi si Kecil.

Manfaat berjemur bagi bayi

Matahari di pagi hari mengandung vitamin D yang sangat baik untuk kesehatan bayi. Vitamin D ini sangat baik untuk memperkuat tulang dan gigi bayi, membantu sistem saraf lebih baik, dan meningkatkan imunitas bayi.

Sinar matahari di pagi hari juga dapat meningkatkan zat serotinin pada bayi. Jika kadar serotonin dalam tubuh bayi berkurang, dampaknya bisa pada perkembangan dan pencernaan bayi. Serotonin merupakan zat yang mencipatkan rasa bahagia dan aman.

Baca juga: Tips Mengatasai Sembeli Anak

Menjemur bayi di bawah sinar matahari pagi hari juga bisa mencegah dan mengobati penyakit kuning. Penyakit kuning pada bayi dikarenakan kadar bilirubin dalam darah bayi terlalu tinggi.

Selain manfaat diatas, paparan sinar matahari akan membuat kualitas tidur bayi lebih baik.

Hal ini dikarenakan paparan sinar matahari dapat membantu produksi hormon melatonin yang berpengaruh pada proses tidur bayi. Jika kadar melatonin di tubuh cukup, seseorang termasuk bayi pun lebih mudah tertidur.

Tips menjemur bayi di pagi hari yang benar
Cara menjemur bayi

Menjemur bayi tidak boleh dilakukan dengan sembarangan, jangan sampai menimbulkan kulit terbakar dan membuat si Kecil kesakitan.

Berikut ini tips menjemur bayi pagi hari yang benar

1. Jemur bayi dengan menggunakan pakaian

Saat hendak berjemur, sebaiknya bayi tetap mengenakan pakaian. Jangan menjemur bayi dalam keadaan telanjang bulat. Hal ini karena kulit bayi masih sangat rentan, tipis dan mudah terbakar.

Hal ini berlaku untuk semua bayi, terutama yang umurnya masih dibawah 6 bulan. Dan yang tidak kalah penting adalah saat berjemur, jangan biarkan bayi menatap langsung sinar matahari.

2. Jangan terlalu lama menjemur bayi

Menjemur bayi cukup dilakukan 5-15 menit sehari. Selain itu, menjemur bayi sebaiknya dilakukan sebelum jam 10 pagi. Jika dilakukan di atas jam 10 pagi, efeknya justru tidak baik untuk kulit bayi, karena kadar ultraviolet pada sinar matahari sudah terlalu tinggi.

Baca juga: Mitos Seputar Kanker Payudara

3. Pakaikan pelindung kepala saat berjemur

Bunda bisa mengenakan topi atau kacamata saat menjemur si Kecil. Tujuannya agar sinar matahari tidak langsung mengenai kepala, wajah serta mata. Paparan sinar matahari langsung ke mata bayi bisa mengganggu retinanya yang masih sensitif.

4. Gunakan tabir surya pada bayi usia di atas 6 bulan

Bila bayi telah berusia lebih dari 6 bulan, Bunda bisa memakaikan tabir surya dengan SPF 15, untuk menghalau dampak buruk sinar ultraviolet pada kulitnya. Gunakan tabir surya khusus untuk anak ya bun.

Leave a comment