penyebab pusing saat bangun tidur

Siapa yang tidak pusing seketika bangun tidur langsung terpikirkan hutang yang sudah dekat jatuh temponya namun belum punya uang untuk membayarnya.

Namun terlepas dari hutang, merasakan pusing saat bangun tidur tidak terjadi dengan sendirinya, ada masalah kesehatan yang terjadi di dalam tubuh.

Pusing saat bangun tidur biasanya ditandai dengan kepala yang terasa ringan, kamar seperti berputar dan terjadi ketidakseimbangan. Hal ini juga berlaku ketika ingin ke kamar mandi atau berjalan keluar kamar terasa sangat sulit.

Penyebab Pusing Saat Bangun Tidur

Merasakan pusing saat bangun tidur dapat diakibatkan perubahan tiba-tiba posisi tubuh menjadi berdiri yang awalnya berbaring. Perubahan posisi yang tiba-tiba ini menyebabkan keseimbangan tubuh berubah seketika sehingga mengakibatkan munculnya sensasi pusing saat bangun tidur.

selain itu, penyebab lain dari pusing saat bangun tidur diantaranya:

1. Sleep Apnea

Sleep apnea merupakan gangguan tidur yang menyebabkan pernapasan seseorang berhenti sementara selama beberapa kali saat sedang tidur. Kondisi ini dapat ditandai dengan mengorok saat tidur dan tetap merasa mengantuk setelah tidur lama.

Baca juga: 8 Buah Yang Aman Untuk Penderita Diabetes

Karena mengalami henti napas sementara saat malam hari menyebebkan kadar oksigen dalam tubuh cenderung rendah, hingga muncul pusing saat bangun tidur.

2. Dehidrasi

Salah satu penyebab umum kenapa merasakan pusing saat bangun tidur karena mengalami kekurangan cairan atau dehidrasi. Biasanya kondisi ini terjadi pada orang yang minum alkohol menjelang tidur.

Dehidrasi juga bisa terjadi pada orang yang tidak minum alkohol. Misalnya pada orang yan banyak keringat, bekerja di lingkungan bersuhu tinggi dan mengonsumsi diuretik namun tidak minum cukup cairan.

3. Gula Darah Rendah

Pusing saat bangun tidur bisa mengindikasikan bahwa kadar gula darah Anda rendah. Biasanya terjadi pada orang yang belum makan sehingga merasa lemas dan pusing.

Hipoglikemia dapat terjadi di pagi hari pada pasien diabetes dan yang menggunakan insulin atau pengobatan lain. Apalagi jika pada malam hari tidak makan dengan porsi yang cukup.

Penyebab lain adalah bila dosis pengobatan yang dikonsumsi terlalu tinggi. Kondisi hipoglikemia tidak hanya terjadi pada pasien diabetes. Seseorang harus waspada bila kerap pusing saat bangun tidur, merasa lemas, kerap sakit dan merasa lemas di antara waktu makan.

Baca juga: Gejala dan Penyebab Diabetes Melitus

4. Hipotensi Ortostatik

Hipotensi ortostatik merupakan kondisi menurunnya tekanan darah saat seseorang bangun berdiri dari posisi duduk atau berbaring. Oleh karena itu, kondisi ini disebut juga hipotensi postural.

Rasa pusing saat bangun tidur yang disebabkan oleh hipotensi ortostatik biasanya hanya berlangsung selama beberapa menit dan dapat membaik dengan sendirinya.

5. Vertigo

Orang yang menderita vertigo dapat merasakan gejala berupa kepala terasa melayang atau lingkungan sekitar seperti berputar-putar dan mual. Vertigo biasanya disebabkan oleh kelainan di telinga bagian dalam atau bagian otak yang mengatur koordinasi dan keseimbangan tubuh.

Rasa pusing ini bisa terjadi kapan saja dan mendadak, misalnya ketika mengubah posisi kepala dari berbaring ke posisi duduk atau berdiri, seperti saat bangun tidur.

6. Gagal Jantung

Gagal jantung merupakan kondisi saat jantung tidak dapat memompa darah dengan baik, sehingga tidak mampu mengalirkan cukup darah dan oksigen ke seluruh tubuh.

Jika kondisi ini sudah parah, bisa menyebabkan penderitanya mengalami beberapa keluhan seperti bengkak-bengkak di tubuh, sesak napas, serta pusing saat bangun tidur.

Selain gagal jantung, keluhan pusing saat bangun tidur juga dapat disebabkan oleh masalah jantung lainnya, seperti gangguan irama jantung dan kardiomiopati.

7. Efek Samping Obat-Obatan Tertentu

Ada beberapa jenis obat-obatan yang dapat menimbulkan efek samping pusing. Obat-obatan tersebut meliputi antidepresan, antikejang, antihistamin, obat penurun tekanan darah, diuretik, obat penenang, dan antibiotik.

Agar terhindar dari efek samping tersebut, pastikan untuk selalu membaca label dan petunjuk penggunaan obat yang akan Anda konsumsi. Bila perlu, tanyakan kepada dokter tentang efek samping yang mungkin terjadi jika Anda mengonsumsi obat tersebut.

Cara Mengurangi Risiko Pusing Saat Bangun Tidur

Bila sensasi pusing saat bangun tidur akibat oleh penyakit tertentu, maka mengobati penyakit tersebut adalah langkah paling tepat.

Selain itu, ada beberapa tips sederhana yang bisa dilakukan untuk mencegah risiko pusing saat bangun tidur, yaitu:

  • Bangun dari posisi berbaring secara perlahan dan jangan terburu-buru
  • Minum air putih setidaknya satu gelas sebelum tidur
  • Hindari mengonsumsi alkohol dan kafein sebelum tidur
  • Konsumsi makanan yang bergizi
  • Rutin berolahraga
  • Lakukan pemeriksaan gula darah secara rutin, khususnya jika Anda memiliki penyakit diabetes atau sedang mengonsumsi obat diabetes
  • Kelola stres dengan baik

Baca juga: Khasiat Brotowali Ampuh Obati Asam Urat

Bila langkah di atas tidak efektif untuk mengatasi pusing saat bangun tidur, keluhan pusing saat bangun tidur sering kambuh, atau pusing disertai dengan gejala sulit mendengar, telinga berdengung, penglihatan kabur, tubuh mati rasa, atau terasa seperti hendak pingsan, segeralah konsultasikan ke dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

Leave a comment