tes kesehatan wajib bagi pria

Beberapa penyakit berbahaya lebih sering terjadi pada pria daripada wanita. Oleh sebab itu ada baiknya bila Anda tahu mengenai tes kesehatan wajib bagi pria.

Namun terkadang masih banyak pria yang tidak melakukan tes pemeriksaan kesehatan rutin melainkan hanya pada waktu sakit saja. Padahal pemeriksaan kesehatan ini dapat membantu mencegah sakit yang parah di kemudian hari.

Dilansir dari situs klikdokter, berikut ini beberapa tes kesehatan wajib bagi pria.

1. Pemeriksaan Indeks Massa Tubuh (IMT)

Pemeriksaan kesehatan pertama wajib bagi pria adalah berat badan, kenapa? Karena yang paling jelas dan mudah dilihat.

Anda dapat menggunakan IMT untuk mengukur kadar lemak tubuh berdasarkan tinggi dan berat badan Anda. Setelah mengatahuinya, Anda dapat menentukan apakah berat badan sudah ideal atau berlebih.

Berat badan berlebihan dapat meningkatkan risiko terkena berbagai macam penyakit, seperti diabetes dan jantung.

Baca juga: Penyebab dan Gejala Diabetes Melitus

2. Pemeriksaan Kolesterol Darah

Pemeriksaan kesehatan selanjutnya adalah kadar kolesterol dalam darah. Pemeriksaan ini bisa Anda lakukan dengan bantuan paramedis atau mandiri di rumah dengan alat cek kolesterol.

Kenapa pemeriksaan kolesterol ini penting? Berdasarkan rekomendasi American Heart Association (AHA), semua orang dewasa yang berusia 35 tahun ke atas harus memeriksa kadar kolesterol darahnya setiap 5 tahun.

Skrining harus dimulai dari usia 20 tahun apabila Anda memiliki faktor risiko tertentu, seperti diabetes, merokok, IMT lebih dari 30, riwayat keluarga stroke, dan kerabat tingkat pertama yang pernah mengalami serangan jantung.

3. Pemeriksaan Tekanan Darah

Memiliki tekanan darah tinggi akan meningkatkan risiko penyakit jantung dan stroke. Oleh karena itu pemeriksaan tekanan darah hal yang perlu dilakukan oleh pria.

Tekanan darah normal adalah 120/80 mmHg. Anda dapat menggunakan tensimeter digital untuk rutin memeriksa tekanan darah secara mandiri.

Baca juga: Gejala, Penyebab, Pengobatan Penyakit Jantung

Dengan pemeriksaan rutin tekanan darah ini diharapkan dapat membantu mencegah hipertensi dengan mengubah pola makan dan hidup sehat.

4. Pemeriksaan Gula Darah

Manfaat tes kesehatan gula darah adalah sebagai dasar penegakan diagnosis penyakit diabetes mellitus. Pemeriksaan untuk diabetes termasuk hemoglobin A1C atau HbA1c, gula darah puasa, dan toleransi glukosa oral.

Pemeriksaan tunggal tidak dapat digunakan untuk mendiagnosis diabetes. Pemeriksaan kedua dibutuhkan untuk mengonfirmasi apakah kadar gula darah Anda memang tinggi.

5. Pemeriksaan Skrining Kanker Prostat

Tes kesehatan pria lainnya yang wajib dilakukan adalah pemeriksaan kanker prostat. Untuk pria yang berusia 50 tahun ke atas atau 45 tahun serta memiliki riwayat keluarga dengan kanker prostat, membutuhkan pemeriksaan skrining untuk kanker ini.

Pemeriksaan colok dubur dan prostate-specific antigen dapat dilakukan oleh dokter untuk skrining kanker prostat. Apabila ditemukan kelainan, pemeriksaan tambahan seperti transrectal ultrasound perlu dilakukan

Demikian tadi beberapa tes kesehatan wajib bagi pria. Pemeriksaan ini dilakukan tergantung dengan banyak hal, seperti faktor usia, penyakit penyerta, stres dan lain-lain.

Sayangi kesehatan Anda sejak dini!

Leave a comment