manfaat madu bagi anak

Manfaat madu sudah menjadi rahasia umum. Semenjak zaman dulu, madu sudah banyak digunakan sebagai konsumsi sehari-hari hingga obat karena khasiatnya. Selain itu, madu juga dikonsumsi untuk meningkatkan stamina, memperkuat sistem imun dan membantu penyembuhan.

Madu bisa dikonsumsi oleh anak-anak yang sudah menginjak usia lebih dari dua tahun. Hal ini dikarenakan madu juga mengandung bakteri beracun yang dapat menyebabkan botulisme, yaitu suatu bentuk keracunan akibat bakteri botulinum yang dapat berujung kepada kematian pada anak-anak dibawah dua tahun.

Selain itu bila diberikan kepada anak dibawah usia dua tahun beresiko menyebabkan alergi serbuk sari. Meskipun terdengar menakutkan, bunda tidak perlu khawatir sebab setelah berumur dua tahun sang buah hati sudah memiliki sistem pencernaan yang cukup baik dan siap untuk merasakan semua manfaat madu.

Tapi, bunda harus selektif memilih madu untuk si Kecil karena saat ini banyak juga beredar madu palsu yang tentunya tidak baik untuk kesehatan.

Dilansir dari ibudanbalita.com, berikut ini beberapa manfaat madu untuk anak yang perlu bunda ketahui

1. Obat alami batuk dan pilek

Saat musim hujan, salah satu penyakit yang rentan menyerang baik anak-anak maupun orang dewasa adalah batuk dan pilek. Oleh karena itu memberikan madu untuk anak saat musim hujan dapat membantu menjaga sistem kekebalan tubuh serta membantu penyembuhan.

Bunda bisa mencampurkan satu sendok teh madu ke dalam segelas air atau teh hangat. Tidak butuh waktu lama, ramuan ini dapat membantu mengeluarkan dahak dan meringankan tenggorokan yang radang.

Baca juga: Manfaat dan Risiko Bahaya Mengkonsumsi Udang

Satu sendok madu yang diberikan kepada anak juga dapat membantu mereka menelan makanan saat tenggorokan mereka sakit.

2. Menyehatkan organ dalam

Madu bisa dikatakan sebagai salah satu “suplemen” yang baik untuk anak. Memberikan madu rutin kepada anak dapat menjaga kesehatan organ dalamnya karena madu mengandung semua vitamin dan mineal yang dibutuhkan si Kecil.

Vitamin dan mineral yang terkandung dalam madu berperan penting untuk perkembangan organ tubuh dan otot. Selain itu di dalam madu terdapat berbagai macam asam amino yang mempercepat pertumbuhan tulang dan fisik. Si kecil pun jadi lebih cepat besar, memiliki tulang kuat, dan tidak mudah sakit.

3. Obat mual, muntah, diare dan asma

Diaren dan muntah seringnya menjadi pertanda bahwa tubuh si Kecil ingin mengeluarkan zat-zat berbahaya dari sistem pencernaan. Namun begitu, biasanya diare berlangsung cukup lama hingga membuat si Kecil tersiksa dan kelelahan.

Bunda bisa memberikan madu untuk membantu menyembuhkan diare dan mual pada anak. Karena kandungan antibakterinya dapat mempercepat penyembuhan anak yang terserang diare yang disebabkan oleh bakteri gastroenteritis.

Selain membantu menyembuhkan diare dan muntah, manfaat madu bagi anak lainnya dapat menyembuhkan mual dan asma pada anak. Sifatnya juga mudah diserap oleh tubuh serta nutrisinya masuk melalui aliran darah, sehingga tubuh si Kecil terasa lebih sehat dan bugar.

Baca juga: Tips Mengatasi Sembeli Pada Anak

4. Menyehatkan fungsi hati

Saat usia si Kecil bertambah, maka fungsi hatinya pun ikut meningkat. Terlebih saat ia sudah mulai makan berbagai macam makanan, maka fungsi hati jadi lebih banyak bekerja untuk membuang racun dalam tubuh. Madu secara alami dapat menyehatkan fungsi hati untuk bekerja lebih maksimal, termasuk membuang berbagai racun akibat pemberian obat kimia yang sudah pernah orang tua berikan.

Selain hati, empedu kita juga dapat menikmati manfaat madu, karena madu dapat membantu melindungi kerusakan organ itu. Cairan empedu yang dihasilkan oleh hati, disalurkan melalui saluran empedu menuju kantong empedu yang digunakan oleh tubuh untuk membantu mencerna makanan.

Konsumsi makanan yang bervariasi dapat menyebabkan berbagai permasalahan dalam empedu, seperti peradangan atau munculnya batu empedu. Konsumsi madu dapat membantu menjaga ketahanan fungsi hati sehingga saluran empedu tidak mudah terserang saat berlangsungnya proses pencernaan makanan.

5. Mempercepat Penyembuhan Luka

Terjatuh dan luka mungkin jadi “rutinitas” si Kecil, seiring bertambah aktifnya mereka. Tak perlu panik! Orang tua bisa memberikan madu, yang ampuh dalam mempercepat penyembuhan luka. Madu akan memperbaiki sel dan jaringan yang rusak pada tubuh yang luka.

Bila lukanya ringan dan tipis, cukup oleskan madu secara langsung pada luka tersebut agar lebih efektif dalam proses penyembuhannya. Namun bila cukup berat, madu bisa diberikan ke dalam makanan atau minumannya.

Penggunaan madu diluar badan, selain untuk mempercepat penyembuhan luka, juga dapat membantu menyehatkan dan menghaluskan kulit anak.

6. Meningkatkan Fungsi Memori Otak

Bila ingin si Kecil mudah belajar dan mengingat, madu dapat dijadikan sebagai suplemen alami terbaik yang bisa Ibu berikan.

Manfaat madu mirip dengan manfaat minyak ikan salmon yang mengandung asam lemak omega 3, madu mengandung antioksidan alami yang berfungsi meningkatkan fungsi memori otak. Bila fungsi memori otak meningkat, maka akan berpengaruh pada tingkat kecerdasan si Kecil saat ia sudah tumbuh dewasa.

Di samping itu, manfaat madu untuk anak juga bisa membantu penyerapan kalsium dari makanan yang dikonsumsi sehingga membuat otak bekerja lebih optimal. Zat tersebut dapat mendukung proses berpikir otak dan meningkatkan daya ingat. Madu dapat membantu si Kecil memiliki otak yang kreatif, aktif, dan positif.

7. Sebagai Penangkal Alergi

Anak yang memiliki alergi sering membuat orang tuanya merasa khawatir. Madu hadir sebagai penangkal histamin (sumber penyebab alergi) yang bisa menimbulkan reaksi alergi berupa gatal, bengkak pada wajah dan mata, sesak napas, eksim, maupun biduran.

Baca juga: 13 Penyakit Akibat Hewan Peliharaan

Manfaat madu, menurut beberapa studi, juga dapat membantu menyembuhkan alergi musiman yang disebabkan oleh kandungan polen yang dimilikinya. Orang tua bisa memberikan madu secara bertahap terlebih dulu dan cek reaksinya pada kondisi alergi si Kecil.

8. Meningkatkan Energi

Anak kecil pasti sangat menyukai makanan yang manis-manis. Makanan manis tersebut biasanya mengandung gula yang, meskipun dapat memberikan energi yang dibutuhkan oleh anak, efeknya sering kali membuat mereka hiperaktif dan rewel.

Hal ini karena gula diserap oleh darah dengan cukup cepat sehingga di saat kandungan gula dalam darah cukup banyak si Kecil merasakan terlalu banyak tenaga.

Tidak seperti gula, salah satu manfaat madu lainnya adalah selain terasa manis, madu juga memiliki kandungan yang dapat meningkatkan energi si Kecil. Bedanya, kandungan dalam madu diserap lebih lambat oleh anak sehingga mereka tidak merasakan energi berlebih setelah mengkonsumsi madu.

Apalagi saat menginjak usia diatas dua tahun, si Kecil pasti sedang aktif-aktifnya mempelajari banyak hal. Di sini ia akan membutuhkan banyak energi untuk mendukung semua aktivitasnya.

Memberikan madu secara rutin kepada si Kecil bisa membantu meningkatkan energinya, karena madu mengandung beberapa jenis gula alami yang terdiri dari glukosa, sukrosa, fruktosa, dan laktosa.

Keempatnya sangat mudah diserap dan dicerna oleh tubuh si Kecil. Selain itu, gula alami juga bisa membantu memperlancar aliran darah sehingga si Kecil jadi lebih sehat dan tidak rentan terserang penyakit.

9. Sebagai Sistem Imun

Madu mengandung kalium, vitamin C, dan berbagai jenis mineral yang baik sebagai sumber antioksidan alami. Ketiganya dapat membantu menjaga kekebalan sistem imun pada si Kecil dengan cara mengurangi aktivitas sel tidak sehat yang ada dalam tubuh. Di samping itu, manfaat madu lainnya adalah mencegah infeksi, baik yang disebabkan oleh bakteri, virus, maupun jamur.

Untuk mendapatkan manfaat madu secara maksimal, orang tua dapat memberikan campuran satu sendok madu dan lemon pada teh hangat si Kecil.

Baca juga: Gejala dan Dampak Gizi Buruk Pada Anak

Berikan minuman ini pada saat pagi hari sebelum sarapan, untuk membantu proses pembersihan zat-zat beracun yang ada didalam tubuh. Pemberian madu secara rutin kepada si Kecil bisa membuatnya lebih sehat dibandingkan anak lain yang tidak mengkonsumsi madu.

10. Sumber Probiotik Alami

Anak kecil yang sedang aktif-aktifnya sering kali memasukan sembarang apapun ke mulutnya. Kadang si anak menggigit gigit jari dan tangan mereka, namun tak sering juga anak menggigit-gigit mainan mereka.

Perilaku ini membuat banyak kuman dan bakteri yang dapat masuk ke sistem pencernaan si Kecil. Nah, manfaat madu yang lainnya adalah mengandung bakteri baik yang dapat membantu anak ibu melawan bakteri-bakteri jahat

Mirip dengan yogurt, madu juga bisa menjadi sumber probiotik alami karena mengandung enam jenis bakteri lactobacillus alami. Bakteri ini bisa melawan bakteri jahat yang ada dalam saluran pencernaan, sehingga manfaat madu untuk anak dapat membuat usus jadi lebih sehat dan proses penyerapan nutrisi jadi lebih optimal.

Pemberian madu dengan air hangat juga dipercaya dapat membantu mencegah terjadinya kegemukan karena manfaatnya sebagai perawatan anti-selulit. Konsumsi madu secara teratur bahkan dipercaya dapat memberikan efek pada sistem metabolisme tubuh yang lebih lancar dan teratur.

Leave a comment