manfaat dan khasiat brotowali

Brotowali dikenal sebagai jamu yang memiliki rasa sangat pahit luar biasa. Meskipun begitu, manfaat dan khasiat brotowali sangat banyak, salah satunya sebagai obat asam urat. Benarkah demikian? yuk kenali lebih dekat mengenai jamu brotowali.

Asam urat merupakan penyakit sendi yang terjadi akibat kadar asam urat dalam darah terlalu tinggi. Kondisi ini menyebabkan sendi-sendi di tubuh terasa nyeri dan bengkak.

Nyeri sendi akibat asam urat tidak bisa disembuhkan total, melainkan hanya dapat mengendalikan kadar asam urat di dalam tubuh agar tak menimbulkan gejala nyeri sendi. Umumnya untuk menurunkan kadar asam urat ini dengan mengubah pola makanan sehat dan mengonsumsi obat-obatan secara rutin.

Lalu, apakah dengan minum jamu brotowali kondisi asam urat bisa berangsur membaik? Menurut dr. Astrid Wulan Kusumoastuti dari klikdokter.com, brotowali sudah banyak diteliti untuk dijadikan obat asam urat.

Baca juga: Jenis Minuman Yang Baik Dikonsumsi Setelah Olahraga

“Sudah banyak penelitian yang mempelajari manfaat brotowali untuk mencegah dan bantu mengatasi asam urat. Brotowali disinyalir memiliki potensi uricosuric untuk bantu buang zat penyebab asam urat,” ujar dr. Astrid.

Tak hanya itu saja, sebuah penelitian yang dilakukan di India pada tahun 2018, menyebutkan bahwa brotowali diyakini dapat membantu menurunkan kadar asam urat. Manfaat ini didapat dari kandungan endofit dalam brotowali.

Di dalam uji studi, para peneliti menemukan endofit di dalam brotowali mengandung inhibitor (zat penghambat) xanthine oxidase. Perlu diketahui enzim xanthine oxidase ini berperan dalam membentuk asam urat di dalam tubuh.

Inhibitor XE dilaporkan memiliki kekuatan yang sebanding dengan allopurinol, yakni obat asam urat. Allopurinol bekerja dengan mengurangi jumlah asam urat yang dibuat oleh sel tubuh dan membantu mencegah pembentukan kristal asam urat di persendian.

Kendati begitu, penelitian ini masih terbatas dan butuh cakupan yang lebih luas untuk membuktikan khasiat brotowali dalam mengobati asam urat.

Manfaat lainnya
Tanaman brotowali

Manfaat dan khasiat brotowali tidak hanya dipercaya dapat menurunkan asam urat, tetapi juga:

  • Membantu menurunkan tekanan darah tinggi (hipertensi)
  • Membantu mengontrol diabetes
  • Mengobati penyakit kulit

Baca juga: Tips Mengatasi Sembeli Anak Secara Alami

Konsumsi Brotowali Berlebihan Bisa Membahayakan

Meskipun manfaat dan khasiat brotowali baik untuk kesehatan tubuh, namun hal ini akan membahayakan manakala mengonsumsinya dalam jumlah berlebihan.

Penelitian yang dilakukan pada tikus menunjukkan bahwa ekstrak brotowali pada dosis tertinggi, yaitu 4 g/kg berat badan atau setara dengan brotowali bubuk sebesar 28,95 g/kg berat badan, berpotensi menyebabkan keracunan pada hati dan ginjal.

Sehingga, disarankan agar Anda menghindari penggunaan brotowali dalam dosis tinggi dan dalam waktu lama. Jika Anda mengalami tanda-tanda keracunan hati atau ginjal setelah minum jamu brotowali, sebaiknya hentikan penggunaannya.

Dan yang perlu diingat bahwa pengobatan dengan brotowali merupakan pengobatan sampingan, bukan pengobatan utama. Selalu konsultasikan dengan dokter bilamana ingin mengonsumsi brotowali sebagai pengobatan alternatif.

Hindari konsumsi brotowali jika hendak mau operasi

Pasalnya brotowali diyakini dapat memengaruhi kadar gula darah. Gula darah menjadi salah satu tolak ukur pelaksanaan operasi. Sebaiknya hindari konsumsi brotowali dua minggu sebelum melakukan jadwal pembedahan.

Leave a comment