cemilan pelancar asi

Beruntungnya bagi ibu setelah melahirkan bayi ASInya langsung keluar dan lancar, namun tidak semua ibu merasakah hal itu. Karena ada juga ASI tidak keluar sehingga mau tidak mau ibu memberikan susus formula untuk bayi sebagai pengganti ASI.

Namun ada banyak cara dilakukan untuk melancarkan ASI, salah satunya ialah mengonsumsi makanan pelancar ASI. Makan nasi tiga kali sehari saja mungkin tidak selalu cukup memenuhi kebutuhan ibu menyusui untuk memproduksi ASI.

Maka untuk menyiasatinya, Anda bisa mengudap cemilan pelancar ASI di sela-sela waktu makan sebagai pengganjal lapar yang menguntungkan. Mengonsumsi cemilan bisa jadi cara efektif untuk memenuhi kebutuhan nutrisi ibu menyusui tanpa takut gemuk karena makan berlebihan.

Baca juga: Coolsculpting, Metode Pangkas Lemak Tanpa Diet & Olahraga

Daftar cemilan pelancar ASI

Beruntungnya hidup di negara Indonesia, karena cemilan pelancar ASI tidak sulit untuk didapat. Termasuk juga beberapa makanan ibu menyusui sehari-hari seperti buah dan sayur.

Berikut ini beberapa daftar cemilan pelancar ASI yang bisa membantu bunda meningkatkan produksi susu agar banyak, lancar dan kental:

1. Popcorn

Cemilan yang biasa hadir sebagai teman nonton film ini bisa jadi kudapan bagi ibu menyusui.

Selain gurih dan enak, popcorn terbuat dari jagung yang terkenal tinggi serat. Serat dari sumber makanan sehat, menurut Departemen Kesehatan Keluarga dan Masyarakat Universitas Wisconsin, dapat membantu mendorong proses laktasi.

Anda juga bisa menambahkan taburan keju di atasnya untuk menambah asupan protein. Protein sangat penting untuk produksi ASI, dan dapat diteruskan ke bayi lewat ASI untuk mendukung pertumbuhannya.

2. Sereal gandum utuh

Anda juga bisa menambah serat dari secangkir sereal gandum utuh. Untuk membuat cemilan pelancar ASI ini, campurkan ½ cangkir sereal gandum dengan susu atau air dan sajikan dengan ¼ cangkir buah kering seperti kismis dan kacang-kacangan yang sudah dicincang halus.

Baca juga: Tips Menjemur Bayi Pagi Hari Yang Benar

3. Kacang-kacangan

Jika kebutuhan serat sudah terpenuhi, selanjutnya Anda bisa mencukupi kebutuhan lemak sehat dari kacang-kacangan.

Berbagai jenis kacang seperti almond, kenari, dan kacang mete tinggi zat besi, protein dan lemak sehat yang tentu baik bagi ibu menyusui.

Agar kandungan nutrisinya tetap terjaga dan tidak mengandung lemak jahat, Anda bisa mengolah cemilan kacang ini dengan cara dipanggang.

4. Edamame

Edamame juga bisa jadi cemilan pelancar ASI yang sehat untuk ibu menyusui karena tinggi vitamin K. Anda bisa mengonsumsi 5,5 ons edamame rebus setiap hari. Jika Anda ingin menambahkan rasa, Anda bisa menaburinya dengan garam tapi jangan terlalu banyak.

5. Yogurt

Yogurt adalah cemilan pelancar ASI lainnya yang tidak boleh dilewatkan. Selain lezat, cemilan yang satu ini mengandung protein dan tinggi probiotik alami yang baik untuk pencernaan. Untuk menambah kandungan nutrisi, Anda bisa mengonsumsi yogurt dengan irisan buah segar seperti buah beri, pisang, atau granola.

6. Milkshake

Milkshake jadi cemilan sehat untuk dikonsumsi ibu menyusui karena mengandung banyak nutrisi yang diperlukan agar ASI lancar.

Untuk membuat milkshake yang lezat dan bergizi, Anda bisa mencampurkan 1 cangkir susu dengan 1 sendok makan coklat bubuk tanpa pemanis atau dark chocolate (cokelat hitam batangan) dengan buah pilihan, seperti pisang. Haluskan semua bahan dengan es batu selama 1 hingga 2 menit agar lumat untuk kemudian dinikmati.

Selain tinggi vitamin, milkshake yang terbuat dari dark chocolate juga tinggi antioksidan yang mampu menangkal radikal bebas.

Baca juga: Tips Mengatasi Sembeli Anak

Anda bisa mengganti beraneka ragam buah dengan kandungan tinggi vitamin yang diperlukan ibu menyusui seperti vitamin A, vitamin C, hingga vitamin B.

7. Roti panggang dengan isian gurih

Sumber karbohidrat kompleks dan serat yang bisa Anda pilih sebagai cemilan sehat saat menyusui adalah roti gandum panggang.

Anda bisa memvariasikan topping atau isiannya dengan beragam “lauk”, mulai dari selai kacang hingga krim keju non-fat dengan irisan buah alpukat.

Sebagai cara menambah kandungan gizinya, Anda bisa menambahkan telur orak-arik dan parutan keju. Dengan ini, Anda bisa mengonsumsi semua nutrisi penting yang diperlukan, mulai dari protein, serat hingga lemak sehat.

8. Buah pepaya

Pepaya dikenal berkhasiat untuk ibu menyusui karena kandungannya bantu meningkatkan produksi hormon oksitosin dalam tubuh yang bisa meningkatkan produksi ASI.

Selain itu, buah ini juga kaya vitamin A, B, C, dan E serta rendah kalori yang baik untuk pencernaan.

Ibu menyusui membutuhkan lebih banyak kalori dibandingkan wanita lainnya. Oleh sebab itu, mengonsumsi cemilan di samping makanan utama menjadi penting selama Anda masih memberikan ASI pada si Kecil.

Sumber: sehatq.com

Leave a comment