mengatasi telinga kemasukan air

Mungkin hampir setiap orang pernah mengalami telinga kemasukan air, entah saat mandi, berenang atau bermain air. Jangan anggap remeh bila kemasukan air, karena infeksi telinga bisa mengintai.

Telinga kemasukan air tentu akan mengganggu karena bisa memicu gangguan pendengaran. Tidak hanya itu saja bila air yang masuk dibiarkan akan berisiko infeksi telinga.

Berikut cara mengatasi telinga kemasukan air yang harus kamu ketahui,

1. Goyangkan telinga sambil memiringkan kepala

Cara pertama mengatasi telinga kemasukan air yang bisa kamu coba adalah dengan menggoyangkan telinga. Caranya, tarik dan goyangkan daun telinga dengan lembut sambil miringkan kepala ke arah bahu.

Teknik ini umum dan sederhana yang bisa dilakukan usai telinga kemasukan air, dengan cara ini kamu membantu air yang terperangkap pada saluran telinga keluar dengan sendirinya.

2. Berbaring menyamping

Kamu bisa mencoba untuk berbaring menyamping bila telinga kemasukan air. Dengan cara ini gravitasi akan membantu air keluar dari telinga kamu.

Baca juga: Penyebab Pusing Saat Bangun Tidur

Caranya kamu hanya perlu berbaring miring dengan telinga yang kemasukan air berada di bawah selama beberapa menit. Lalu, air akan keluar dengan perlahan. Bisa juga menaruh handuk di bawah telinga untuk menyerap air.

3. Memasukan sedikit air lagi ke dalam telinga

Cara mengatasi telinga kemasukan air adalah dengan menambahkan sedikit air lagi ke dalam telinga. Namun cara ini harus dilakukan dengan cepat.

Masukkan air ke dalam telinga yang bermasalah, lalu diamkan selama 5 detik. Setelah itu, dengan cepat balik posisi kepala ke arah berlawanan untuk mengeluarkan kembali air tersebut.

4. Lakukan Cupping Method

Cara mengeluarkan air yang masuk telinga lainnya adalah dengan melakukan cupping method.

Caranya adalah miringkan kepala ke samping, lalu tutup telinga yang kemasukan air dengan telapak tangan. Dengan begitu, air pun dapat tertarik keluar.

5. Manfaatkan pengering rambut

Tahukah kamu ternyata pengering rambut bisa digunakan untuk membantu mengeluarkan air yang masuk ke dalam telinga.

Gunakan pengering rambut pada telinga dengan jarak sekitar 30 sentimeter sambil menggerak-gerakan kepala. Pasang suhu panas paling rendah agar tidak mencederai kulit telinga.

Baca juga: Minuman Yang Baik Dikonsumsi Setelah Olahraga

6. Menguap atau Mengunyah

Air yang terperangkap dapat juga masuk sampai ke telinga bagian tengah. Untuk membantunya keluar, Anda hanya perlu menggoyangkan mulut agar saluran telinga terbuka sehingga air dapat keluar.

Biar lebih gampang, Anda dapat mengunyah permen atau coba menguap agar saluran telinga terbuka.

7. Alkohol dan cuka

Kamu juga dapat membuat tetes telinga dengan campuran alkohol dan cuka. Cara mengatasi telinga kemasukan air ini bisa dilakukan ketika berbagai tips di atas belum berhasil.

Alkohol dapat membantu menguapkan air dan juga menghambat pertumbuhan bakteri. Sedangkan cuka dapat membantu melunakkan kotoran telinga.

Campurkan alkohol dan cuka dengan perbandingan yang sama. Lalu, dengan alat tetes yang steril, masukkan 3-4 tetes larutan ke dalam telinga dan tunggu selama 30 detik. Setelah itu, miringkan kepala ke samping agar air yang terperangkap dapat keluar.

Jika kamu telah menderita infeksi telinga bagian luar atau memiliki gendang telinga yang pecah, tetes alkohol dan cuka ini tidak direkomendasikan.

Baca juga: Pening Bengkok Ganggu Kepuasan Bercinta

Itulah tadi beberapa langkah yang bisa kamu coba ketika telinga kemasukan air. Sebenarnya ada banyak cara mengatasi telinga kemasukan air.

Ada juga orang juga mengatasi telinga kemasukan air dengan cara melompat sambil memiringkan kepala.

Yang tidak kalah penting juga adalah kebersihan telinga. Kadang kala air yang masuk susah keluar dikarenakan banyak kotoran telinga yang menghalanginya. Oleh karena itu jaga kebersihan telinga kamu ya.

Leave a comment