manfaat buah plum untuk diet

Ada banyak cara di luar sana yang menjanjikan Anda bisa menurunkan berat badan dengan cepat. Kalau Anda termasuk orang yang aktif bermain media sosial, mungkin memerhatikan banyak toko online yang menjajakan buah plum kering (prune) dalam kemasan atau botol yang diklaim manjur buat diet pelangsing badan.

Buah plum atau prem, secara umum memang menyehatkan tubuh. Akan tetapi apakah buah plum efektif untuk menurunkan kelebihan berat badan?

Kandungan Buah Plum

Mengonsumsi buah plum baik untuk tubuh, karena buah ini setidaknya mengandung lebih dari 15 vitamin dan mineral yang bermanfaat bagi tubuh. Kandungan buah plum diantaranya

  • 170 mcg zat besi per 100 gram plum, untuk bantu mencegah anemia.
  • 9,5 mg vitamin C per 100 gr plum, untuk bantu memenuhi 10% dari kebutuhan harian.
  • 1 gram serat untuk melancarkan pencernaan.
  • 157 mg kalium, untuk bantu menjaga kestabilan tekanan darah.
  • 278.50 mcg boron, untuk membantu mencegah risiko osteoporosis.

Plum juga diperkaya oleh jenis gula bernama sorbitol yang dapat merangsang kerja sistem pencernaan tubuh. Berbagai nutrisi yang terkandung dalam buah plum ini saling bekerja sama untuk menghadirkan begitu banyak manfaat bagi kesehatan.

Baca juga: Ragam Manfaat Madu Untuk Kesehatan Anak

Mulai dari mencegah sembelit hingga dapat menurunkan kolesterol atau gula darah tinggi. Plum juga mengandung antioksidan tinggi yang dapat melawan kerusakan sel tubuh akibat efek radikal bebas.

Benarkah makan plum bisa menurunkan berat badan?

Plum diklaim sebagai buah camilan yang bagus untuk diet karena minim kalori. Satu buah plum segar seberat 100 gram kira-kira mengandung 30-45 kalori.

Buah plum juga termasuk buah yang tinggi serat yang dapat membantu Anda merasa kenyang lebih lama sehingga mengurangi asupan kalori tambahan yang tidak perlu. Bahkan plum kering mempunyai kadari serat yang lebih tinggi, yakni 7 gram serat per 100 gram berat buah.

Tak hanya itu saja, buah plum termasuk buah yang memiliki indeks angka glikemik yang rendah. Artinya, meski rasa plum manis, buah ini tidak akan menaikkan kada gula darah Anda secara drastis.

Sedangkan anggapan buah plum baik sebagai makanan diet datang dari kandungan gula sorbitolnya. Sorbitol bersifat laksatif, alias pencahar yang mampu membantu tubuh lebih cepat menguras kelebihan berat air lewat rutinitas BAB yang lebih lancar.

Jangan hanya mengandalkan plum untuk diet

Meskipun sekilas buah ini menjanjikan sebagai makanan penurun berat badan. Bukan berarti Anda boleh berlebihan makan buah plum sebagai camilan sambil tetap makan banyak karena menganggap buah tersebut minim kalori.

Baca juga: Mengenal Coolsculpting, Metode Pangkas Lemak Tanpa Diet

Kebanyakan buah plum tetap tidak baik karena lama-lama akan menambah asupan gula dan karbohidrat yang tidak perlu, sehingga tidak akan efektif membantu diet Anda.

Apalagi jika Anda memilih versi jusnya. Jus buah plum memiliki kadar kalori yang lebih tinggi dibandingkan jus buah-buahan lain. Satu gelas jus plum tanpa gula bisa mengandung sekitar 180 kkal. Bandingkan dengan jus jeruk dengan porsi yang sama, hanya mengandung sekitar 45 kalori.

Selain itu, kalori yang berbentuk cair (jus buah) juga akan terasa kurang mengenyangkan dibandingkan apabila Anda mengonsumsi buah-buahan segar. Inilah yang seringkali menyebabkan konsumsi jus buah berlebihan.

Tetap makan sehat dan rajin olahraga

Bukan berarti Anda sama sekali tidak boleh makan buah plum. Plum tetaplah buah yang sehat dan baik dikonsumsi untuk mencukupi kebutuhan gizi harian Anda.

Baca juga: Daftar Camilan Lezat Pelancar ASI

Namun, jangan jadikan plum sebagai satu-satunya cara Anda berdiet tanpa memedulikan faktor lainnya. Diet yang baik sesungguhnya terdiri dari kebiasaan makan sehat seimbang serta diimbangi oleh rutinitas olahraga yang konsisten.

Leave a comment